Blogging atau kegiatan menulis menjadi salah satu kegiatan yang banyak digandrungi masyarakat sejak pandemi, baik untuk berbagi ilmu, berbagi pengalaman, berbagi informasi, mencari pertemanan, dll. Saya mencoba untuk meningkatkan skill menulis saya dengan mulai menekuni aktivitas Blogging. Tak cukup ilmu, saya pun mengikuti kelas Blog Online yang dimentori oleh kak prita Hw. Acara ini diadakan oleh The Jannah Institute. 

 

belajar blog pemula, komunitas, dengan mentor prita hw
Ilustrasi kegiatan blogging

Sedikit cerita, Sebelum mengikuti kelas blogging, saya sudah coba memasuki dunia blogging sejak pertengahan tahun 2019. Ini semua bermula ketika saya duduk di bangku Sekolah Menengah Atas. Saat itu, saya beberapa kali mengerjakan tugas dan makalah dengan beberapa diantaranya bersumber dari blog milik orang lain. Dari situlah, saya berpikir untuk membuat blog dan membagikan hasil pekerjaan tugas dan makalah saya kepada orang lain. Saya pikir daripada tugas dan makalah tersebut hanya berakhir pada nilai di buku rapot dan menjadi file yang tidak berguna di laptop lebih baik dibagikan ke orang lain. Siapa tahu tugas dan makalah saya bermanfaat bagi orang-orang yang sedang membutuhkan. Itulah STRONG WHY kenapa saya memutuskan untuk mulai terjun ke dunia blogging.

Awal mula memutuskan belajar di Kelas Blogging Online

Ada beberapa hal yang membuat saya waktu itu sempat berhenti menekuni dunia blogging. Waktu itu, saat menulis artikel kedua tentang alur masuk ke Perguruan Tinggi, saya terjebak dengan alur yang saya buat. Selain itu, blog saya sepi pengunjung, saya belum punya banyak relasi untuk meng-up kan tulisan saya dan belum mengenal teknik-teknik blogging seperti SEO. Dari situlah, saya rasa pelu mengikuti kelas blogging salah satunya kelas blogging yang diadakan The Jannah Institute yang dimentori oleh Kak Prita Hw.  Alhamdulillah, di tahun 2021, saya mendapat kesempatan untuk menambah pengetahuan tentang Blogging di kelas ini dengan bantuan dari FK UNEJ. Harapan saya dengan ilmu-ilmu yang didapat dari kelas ini adalah bisa berbagi  ilmu pengetahuan, bisa berbagi pengalaman, bisa berbagai opini/pendapat, dan menjadi seorang blogger yang profesional.

Kelas Blogging ini terdiri dari 3 tingkat kelas, yaitu basic, intermediate, dan advance. Kita tidak diharuskan untuk mengikuti semua tingkat kelas. Kita boleh memilih salah satu diantaranya atau memilih 2 diantaranya atau memilih paket bundling (yang memilih ke semua kelas). Dengan begitu, kita bisa mengikuti kelas ini sesuai dengan pengetahuan tingkat apa yang kita butuhkan. Selain itu, konsep seperti ini membuat isi dompet kita tidak terkuras terlalu banyak apalagi harga yang ditawarkan memang sudah terjangkau.

Metode Kelas Blogging Online 

Selanjutnya, mungkin diantara kita ada yang bertanya-tanya bagaimana pelaksanaan kelas blogging secara online? Apakah nanti dapat memahami materi dengan baik? Apa bisa?

 

belajar blog pemula, pengalaman kelas blog online

Pertama, peserta dari kelas blogging online dibatasi hanya kurang lebih 10 orang. Dengan hanya 10 orang, maka pembelajaran akan lebih efektif. Masing-masing orang di kelas ini akan mempunyai peluang yang lebih besar untuk bisa memahami dan mempraktekkannya dalam aktivitas Blogging.

Kedua, pemberian materi diberikan di grup WA sehingga pembelajaran lebih fleksibel. Kita tidak perlu khawatir dengan kesibukan kita karena tidak ada jadwal baku dalam pemberian materi. Kita bisa membacanya ketika kita memiliki waktu senggang. Selain itu, dengan adanya grup WA ini, kita bisa bebas berkonsultasi ketika menemui hambatan saat sedang praktek, mencoba ilmu yang sudah diberikan.

Ketiga, estimasi waktu masing-masing kelas adalah selama 1 minggu dengan pemberian materi di awal dan dilanjut dengan praktek. Ya, konsep dalam belajar blogging adalah "learning by doing". Artinya adalah kita bisa memahami materi yang diberikan dengan banyak mempraktekkannya. Oleh karena itu, pemberian materi hanya di awal selanjutnya dalam satu minggu tersebut kita akan mempraktekkan materi yang sudah diberikan.
 
Keempat, video dan gambar yang membantu kita dalam memahami materi. Selain ketiga hal di atas, pementor saya, kak prita hw, menyampaikan materi dengan video pada kelas basic sehingga kami, para peserta, lebih mudah memahami materi. Step by step dijelaskan dengan rinci di video tersebut, ketika ada yang tidak dipahami, saya dapat mengulang ke bagian yang saya tidak pahami. Di kelas Intermediate, kak prita Hw menyampaikan materi dengan gambar sehingga kita juga lebih mudah paham.
 
Kelima, pemberian tugas. Pemberian tugas ini ditujukan untuk memastikan peserta kelas benar-benar paham dengan materi yang disampaikan. Hal ini juga sesuai dengan konsep "learning by doing". Kita baru akan benar-benar memahami materi yang kita pelajari setelah kita merapkannya. Tidak jarang ketika kita belajar, kita seolah sudah memahami materi tersebut. Namun, ketika kita mempraktekkan materi tersebut dalam kehidupan sehari-hari, kita justru menemukan banyak hambatan dan kebingungan

Dengan penjelasan kelima metode di atas, kita tidak perlu khawatir untuk mengikuti kelas blog online. Justru, mengikuti kelas blog online adalah salah satu alternatif yang bisa kita lakukan untuk mengisi waktu dan menambah skill di kala masa pandemi seperti ini.
 

Review Materi di kelas Blog Online 

Di atas sudah disebutkan bahwa kelas blog online ini terdiri dari 3 tingkatan yaitu basic, intermediate, dan advance. Pada kelas basic, kita akan belajar membuat blog berbasis blogspot dan menentukan niche. Selanjutnya, kita akan belajar menulis konten blog yang bisa mendatangkan traffic di kelas intermediate. Terakhir, yang paling ditunggu-tunggu adalah kelas advance, kita akan belajar bagaimana menghasilkan uang dari blog dan merawat blog tetap eksis.

Pertama, di kelas basic, kita akan belajar membuat blog berbasis blogspot dan menentukan niche atau tema. Saya baru pertama kali mengenal blogspot dan seluk beluknya di sini. Saya belajar banyak hal mulai dari cara membuat blogspot, menentukan tema yang sesuai, dll. Walhasil, saya berhasil me-remake blog saya. Berikut perubahannya

 Tampilan blog sesudah

kelas blog online, pengalaman,
Tampilan Blog Sesudah Mengikuti Kelas Blog Online
 

Tampilan blog sesudah

metode kelas blog online
Tampilan Blog Sebelum Mengikuti Kelas Blog Online
 
 Selanjutnya, di kelas Intermediate, kita belajar bagaimana menulis konten blog yang bisa mendatangkan traffic. Ini berkaitan dengan SEO (Search Engine Optimization). Apa sih SEO itu? SEO adalah upaya mengoptimasi website untuk mendapatkan peringkat teratas di hasil pencarian. Dengan memahami seluk beluk SEO, kemungkinan tulisan kita dibaca oleh banyak orang akan semakin tinggi. Upaya-upaya optimasi SEO ini terdiri dari 2 yaitu SEO on page dan SEO off page. Penjelasan lebih rinci mengenai keduanya bisa dipelajari  di kelas intermediate. Untuk review materi di kelas advance tidak bisa saya berikan karena saya sendiri belum menempuh kelas tersebut. Barangkali teman-teman KEPO, boleh banget untuk ikut kelasnya.

That's all my friend, postingan kali ini. Terimakasih banyakk buat teman-teman yang sudah membaca sampai akhir :). Jangan sampai waktu kita WFH terbuang sia-sia... blogging adalah salah satu kegiatan yang jika ditekuni bisa menghasilkan sesuatu yang tidak terduga mulai dari kebermanfaatan untuk orang lain sampai penghasilan... feel free to sharing in comment column or call me in social media :)


Kalau anda pergi ke sawah
Mohon mampir ke ladang saya
Kalau ada ucapan yang salah
Mohon kiranya maafkan saya

Wallahua'lam bisshowab
Wassalamu'alaikum Warahmatullahi wabarakatuhu